Musim Panen Durian Yang Melimpah, Harga Eceran Jadi Merosot

Mamuju, Sulbar – Harga eceran durian yang dijual pedagang durian di Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengalami penurunan setelah hasil panen durian petani melimpah.

Pemantauan di Mamuju, Kamis, pedagang eceran buah durian di Kabupaten Mamuju mulai bermunculan seiring dengan musim panen durian di wilayah Kabupaten Mamuju dan Mamuju Tengah sejak dua pekan terakhir.

Sejumlah pedagang dadakan durian tampak ramai berjualan durian di sejumlah titik di Kota Mamuju, diantaranya kawasan Pasar Baru dan kawasan Terminal Regional Mamuju.

Selain itu juga terdapat di jalan raya depan kantor Badan Pusat Statistik Sulbar dan di kompleks pertokoan, Pasar Baru Mamuju dan Pasar Sentral Mamuju, serta di sepanjang jalan trans Sulawesi di sebelah Utara dan Selatan Kota Mamuju.

“Pedagang durian bermunculan karena puncak musim panen durian telah tiba sehingga harga eceran durian juga mengalami penurunan,” kata Suardi salah seorang pedagang durian.

Menurut dia, harga eceran buah durian yang dijual pedagang di Mamuju turun dari Rp10.000 perbuah menjadi Rp5.000 per buah untuk ukuran sedang, dan untuk ukuran lebih besar turun dari Rp15,000 menjadi Rp10,000.

Ia mengatakan, durian yang dijual pedagang dibeli dari petani yang tersebar di sejumlah daerah di Sulbar, seperti Kabupaten Mamuju dan Mamuju Tengah.

“Pedagang eceran ini memanfaatkan musim panen durian yang dibeli dari petani karena dianggap menjanjikan untuk meningkatan pendapatan dan kesejahteraan mereka,” katanya.

Ia mengatakan, pedagang menggunakan mobil bak terbuka hingga larut malam, durian pedagang akan habis terjual setelah tiga hari dibeli masyarakat luas. (Ant)