Armada Sampah Mamuju Masih Terbatas

Mamuju, Sulsel – Truk armada pengangkut sampah yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat dinilai masih sangat terbatas untuk mendukung program “Mamuju Mapaccing” atau Mamuju Bersih.

“Jumlah armada kebersihan masih sangat terbatas, hanya terdapat 16 armada mobil truk dan dua diantaranya dalam kondisi rusak berat,” kata Bupati Mamuju, ” Habsi Wahid di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan untuk kendaraan motor roda tiga terdapat 28 unit dan seluruhnya hampir semua telah dialihkan ke kelurahan. “Jumlah kendaraan tersebut tidak berimbang dengan kepadatan penduduk Mamuju yang semakin meningkat,” katanya.

Oleh karena itu pengalihan kewenangan kepada lurah diharapkan akan memutus mata rantai penanganan sampah karena para lurah adalah garda terdepan pemerintah yang bersentuhan dengan masyarakat.

Ia menegaskan seberapapun keinginan pemerintah untuk menciptakan Mamuju yang bersih, namun tanpa dukungan dan kesadaran masyarakat maka hal tersebut akan sulit tercapai. “Termasuk pula dukungan dari pihak swasta dan lembaga eksternal untuk dapat menyalurkan CSRnya untuk membantu progaran “Mamuju Mapaccing” atau Mamuju bersih. (Ant)